Sabtu, 13 Maret 2010

Akuntansi

A. Definisi Akuntansi
Menurut American Institute of Certified of Public Accountants (AICPA), Akuntansi adalah seni pencatatan, pengelompokan, pengikthisaran menurut cara yang berarti dan dinyatakan dengan nilai mata uang, semua transaksi serta kejadian yang sedikitnya bersifat finansial dan dari catatan itu dapat ditafsirkan hasilnya.
Menurut American Accounting Association, akuntansi adalah proses mengidentifikasi / mengenali, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi yang memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

B. Persamaan Dasar akuntansi




Atau



C. Penggolongan Akun
Akun disebut juga perkiraan atau rekening adalah suau daftar untuk mengelompokan transaksi – transaksi yang sejenis.
Akun digolongkan menjadi 2 :
1. Akun Riil atau Akun Permanen yaitu akun yang saldo – saldonya pada tahun periode akuntansi dipindahkan ke dalam laporan neraca (disebut juga akun neraca) contoh : kas, hutang dagang, modal pribadi dll
2. Akun Nominal atau Akun Sementara yaitu akun yang saldo – saldonya pada tahun periode akuntansi dipindahkan kedalam laporan Laba/Rugi. contoh : semua jenis akun pendapatan dan biaya.


a. Aktiva
Aktiva adalah kekayaan perusahaan yang berupa harta berwujud dan harta tak berwujud yang memiliki nilai uang dan akan mendatangkan manfaat pada masa yang akan datang.
1) Aktiva Lancar (Current Assets)
Aktiva lancar adalah harta atau kekayaan yang dimiliki persusahaan yang dapat dicairkan (dijadikan uang) dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun. Seperti :
a) Kas di tangan kas kecil (cash on hand)
b) Kas di bank (cash on bank)
c) Surat – surat berharga (marketable)
d) Deposito jangka pendek (short term deposit)
e) Wesel tagih atau piutang wesel
f) Piutang Usaha (account receivable)
g) Persediaan (inventory)
h) Pembayaran biaya dimuka dll.
2) Aktiva Tetap (Fixed Assets)
a) Aktiva tetap berwujud (tangible fixed assets) adalah aktiva yang mempunyai bentuk dan dapat diraba oleh indra manusia yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun lebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari 1 tahun. Seperti :
 Gedung
 Tanah
 Peralatan
 Mesin
 Kendaraan
b) Aktiva Tetap tidak berwujud (intangible Fixed Assets) adalah aktiva yang tidak mempunyai bentuk dan tidak dapat diraba oleh alat indra manusia dan mempunyai masa manfaat lebih dari 1 tahun.
 Hak Paten yaitu hak yang diberikan oleh pemerintah kepada perorangan /badan usaha dalam hal menggunakan penemuan baru.
 Hak cipta yaitu hak yang diberikan oleh pemerintah kepada perorangan atau badan usaha untuk memperbanyak atau menjual barang – barang karya seni / tulisan.
 Merek dagang yaitu hak yang diberikan pemerintah kepada badan usaha untuk menggunakan nama, cap atau lambing bagi usahanya.
 Goodwill yaitu nilai lebih yang dimiliki perusahaan yang timbul karena adanya keistimewaan-keistimewaan tertentu.
 Franchise, yaitu hak istimewa yang diperoleh perusahaan / perseorangan dari pihak lain untuk mengkomersilkan produk, teknik atau formula tertentu.

b. Kewajiban yang terdiri dari kewajiban jangka panjang dan kewajiban jangka pendek.
Kewajiban adalah utang perusahaan dimasa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya mengakibatkan arus keluar sumber daya perusahaan yang mengandung manfaat ekonomi.
Adapun penggolongan kewajiban :
 Hutang jangka pendek, hutang lancar (Current liabilities) yaitu kewajiban yang hasus segera dilunasi dalam waktu tidak lebih dari 1 tahun. Contohnya : Hutang dagang, hutang wesel, hutang deviden dll
 Hutang jangka panjang (long term liabilities) yaitu hutang perusahaan yang akan dilunasi dalam kurun waktu lebih dari 1 tahun. Seperti : Hutang hipotek, hutang obligasi, hutang bank dll.

c. Ekuitas
Ekuitas adalah kekayaan pemilik yang ditanamkan dalam perusahaan, yang besarnya merupakan selisih antara aktiva denagn kewajiban (E = A – K)
Macam-macam ekuitas :
 Ekuitas sendiri disebut juga modal
 Ekuitas saham
 Laba tak dibagi
 Ekuitas sumbangan
 Ekuitas penilaian kembali

d. Pendapatan
Pendapatan adalah penerimaan yang timbul dari aktivitas perusahaan.
Pendapatan juga digolongkan menjadi 2:
 Pendapatan usaha yaitu penghasilan yang diperoleh dari kegiatan pokok usaha
 Pendapatan diluar usaha yaitu penghasilan yang diperoleh dari kegiatan diluar usaha.

e. Beban
Beban adalah sejumlah pengorbanan yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan usaha.
Penggolongan beban :
• Beban usaha adalah pengorbanan yang dkeluarkan langsung atas aktivitas usaha. Contohnya : beban gaji, beban sewa, beban listrik air dan telepon dll.
• Beban di luar usaha yaitu pengorbanan yang dikeluarkan dari aktivitas di luar usaha. Seperti : beben bunga dan penyusutan.

D. Penomoran Akun
No kode akun Kelompok Akun
1 Aktiva
2 Kewajiban
3 Modal / Ekuitas
4 Pendapatan
5 Beban

0 comments:

Posting Komentar