Peluang (O) PT Jasa Raharja (PERSERO)
��Kecenderungan permintaan thd produk asuransi semakin meningkat
��Peraturan perundangan yang mendukung
��Kondisi ekonomi yang cenderung kondusif
Ancaman (T) PT Jasa Raharja (PERSERO)
��Persaingan bisnis asuransi pasca AFTA
��Implementasi UU No. 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah dan UU No.25 tahun 1999 tentang Perimbangan keuangan pusat dan daerah.
��Kemungkinan revisi UU No. 2 tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.
��UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan persaingan usaha tidak sehat
��UU No. 14 tahun 1992 tentang Lalu lintas angkutan jalan
��Ketergantungan dukungan dari mitra kerja yang tinggi
��Kondisi politik yang kurang menentu
��Adanya rekomendasi dari IMF kepada pemerintah untuk melakukan merger perusahaan asuransi.
Kekuatan (S) PT Jasa Raharja (PERSERO)
��Jaringan pelayanan/distribusi yang tersebar diseluruh tanah air
��Laporan Keuangan selalu mendapat opini wajar
��Kinerja Keuangan dengan predikat minimal sehat
��Integritas, dedikasi, loyalitas dan kejujuran SDM
��Hubungan kemitraan yang harmonis
��Sistem pelayanan Iuran Wajib dan Sumbangan Wajib yang terintegrasi
��Citra Perusahaan
Kelemahan (W) PT Jasa Raharja (PERSERO)
Page 13 of 51 Team Ungu (Version 6/22 June 2004) Perencanan Strategis Sistem Informasi Studi Kasus PT Jasa Raharja (PERSERO)
��Produk image belum memasyarakat
��Struktur organisasi belum sepenuhnya menunjang aktifitas pemasaran atau penjualan
��Pola karir pegawai belum dilaksanakan secara konsisten
��Pegawai yang mempunyai gelar profesi masih belum memadai
��Perusahaan belum memiliki basis data korporasi dan sistem informasi yang terpadu
��Pegawai yang berjiwa kewirausahaan masih belum berkembang
��Equity yang dimiliki masih rendah
��Hasil investasi belum cukup menutup biaya overhead
��Budaya kerja yang inovatif dan kreatif belum berkembang
��Program kegiatan Litbang masih kurang berorientasi kepada kebutuhan Pasar
��Sistem remunerasi masih belum sesuai dengan resiko dan beban kerja
��Beban dan pengaturan kerja masih belum optimal
Analisis Strategi PT Jasa Raharja
• Pengendalian anggaran dengan ketat
• Kebijakan deviden
• Penyempurnaan database Pelanggan
• Tersedianya SDM yang berkualitas
• Adanya SOP yang baku dan berbasiskan komputer untuk seluruh divisi
• Adanya proses pembelajaran secara berkesinambungan
• Pengembangan SDM berdasarkan sistem manajemen SDM.
referensi : Jurnal
0 comments:
Posting Komentar