Jumat, 12 Februari 2010

Pengujian Pengendalian

Pengertian Pengujian Pengendalian
Menurut Arens dan Loebbecke (1996 : 276), berpendapat bahwa prosedur untuk memperoleh bahan bukti mengenai rancangan dan penempatan dalam operasi selama tahap pemahaman disebut sebagai prosedur untuk memperoleh pemahaman. Prosedur untuk menguji efektivitas yang mendukung pengurangan tingkat resiko pengendalian yang ditetapkan disebut pengujian atas pengendalian.
Sedangkan menurut Mulyadi (1998:189), menyatakan bahwa akuntan melaksanakan prosedur pemahaman struktur pengendalian intern dengan cara mengumpulkan informasi tentang rancangan struktur pengendalian intern dan informasi apakah rancangan tersebut dilaksanakan. Disamping itu akuntan seharusnya melakukan pengujian terhadap efektivitas struktur pengendalian intern dalam mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Pengujian ini disebut dengan istilah pengujian kepatuhan (Compliance Test) atau sering disebut dengan pengujian pengendalian (Test of Control).
Adapun pendapat dari Jusuf (2001 :316), yaitu prosedur pengauditan yang dilakukan untuk memantapkan efektivitas pencanangan dan atau pengoperasian kebijakan dan prosedur struktur pengendalian.




Dokumentasi dari Pemahaman Pengujian Pengendalian
Tiga metode yang biasanya digunakan dalam mendokumentasikan pemahaman struktur pengendalian intern yang dikemukakan oleh Arens dan Loebbecke (1996 : 278 ) adalah dalam bentuk :
a. Deskripsi Naratif
Naratif adalah deskripsi tertulis (uraian tertulis) dari struktur pengendalian inten klien.
b. Bagan Arus
Bagan arus pengendalian intern adalah penggmbaran dengan simbol, diagram atau dokumen klien dan urutan arus dalam organisasi.
c. Kuesioner Pengendalian Intern
Kuesioner pengendalian intern menanyakan satu rangkaian pertanyaan mengenai pengendalian dalam tiap bidang audit, termasuk lingkungan pengendalian, sebagai alat auditor untuk mengindikasikan aspek-aspek struktur pengendalian intern yang mungkin tidak memadai.

2 comments:

Judika Asima Naibaho mengatakan...

pengujian susbtantive kok gak ada mas

Judika Asima Naibaho mengatakan...

kalau ada, tolong di bagikan ke account saya ya mas

Posting Komentar