Jumat, 12 Februari 2010

Manajemen Strategic

Manajeman adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha usaha anggota dalam suatu organisasi dan penggunaan sumber daya seefisien dan seefektif mungkin agar tujuan organisasi dapat tercapai

Strategi adalah rencana jangka panjang dengan diikuti tindakan-tindakan yangditujukan untuk mencapai tujuan tertentu, yang umumnya adalah "kemenangan". Strategi dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut

Manajemen strategis adalah proses untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasi apa yang ingin mereka capai, dan bagaimana seharusnya mereka mencapai hasil yang bernilai.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang manajer,,,,
1.hardskill contohnya memiliki pendidikan yang tinggi, keterampilan dalam meggunakan peralatan kantor atau computer, berbahasa asing aktif
2. softskill contohnya dapat bekerja dalam tim, memahami orang lain, memotivasi karyawan

Namun pada intinya keterampilan yang harus dimiliki oleh para manajer :
1. Keterampilan konseptual (conceptual skills) adalah kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikanseluruh kepentingan dan kegiatan organisasi. Ini mencakup kemampuan manajer untuk melihat organisasi sebagai suatu keseluruhan dan memahami hubungan antara bagian yang saling bergantungan, serta mendapatkan, menganalisa dan menginterpretasikan informasi yang diterima dari berbagai macam sumber.
2. Keterampilan kemanusiaan (human skills) adalah kemampuan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi orang lain baik individu ataupun kelompok. Manajer membutuhkan keterampilan ini agar dapat memperoleh partisipasi dan mengarahkan kelompoknya dalam proses pencapaian tujuan.
3. Keterampilan administrative (administrative sklills) adalah seluruh keterampilan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian,, penyusunan kepegawaian dan pengawasan. Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk mengikuti kebijaksanaan dan prosedur, mengelola anggaran dan sebagainya. Keterampilan administrative adalah suatu perluasan dari keterampilan konseptual. Manajer melaksanakan keputusan-keputusan melalui penggunaan keterampilan administrative dan kemanusiaan.
4. Keterampilan teknik (Technical Skills) adalah kemapuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur- prosedur atau teknik-teknik dari suatu bidang tertentu seperti akuntansi, produksi, pemasaran, penjualan, permesian dll.

0 comments:

Posting Komentar