Sabtu, 10 Oktober 2009

Analisis Teknikal Saham

Analisis teknikal adalah analisis sekuritas dengan menggunakan grafik harga saham dan volume saham historis untuk memprediksi pergerakan harga saham dimasa yang akan datang.
Alexander Elder (”Trading For A living”) ”Analisis teknikal adalah studi psikologis massa, sebagian ilmiah sebagian adalah seni.”
Jhon Murphy (”Technician Analysis For Financial Market”) ”Analisis teknikal adalah studi tentang perilaku pasar yang digambarkan melalui grafik untuk memprediksi kecenderungan (trend) harga saham yang akan datang.”
Stuart Frost (”Technician Analysis For Financial Market”) ”Analisis teknikal adalah studi tentang gerak saham yang mencakup volume atau hal lain yang luas.”
Analisis teknikal tidak mencoba untuk menjelaskan mengapa harga bergerak seperti yang akan terjadi. Tujuan dari analisis teknikal adalah memperhitungkan permintaan (demand) dan penawaran (supply) dari sebuah saham, sehingga dapat diprediksi. Analisis teknikal berusaha untuk mendeteksi perilaku pasar yang dapat diidentifikasi karena pernah terjadi sebelumnya. Analisis teknikal adalah studi tentang perilaku pasar itu sendiri, sehingga nilai intrinsik saham adalah tidak relevan.
Analisis teknikal mempelajari saham dan bursa dengan berdasarkan pola permintaan (demand) dan penawaran (supply), para pengguna analisis teknikal menggunakan grafik riwayat harga dan volume transaksi untuk memprediksi pergerakan harga saham selanjutnya. Secara sederhana analisis teknikal mempelajari harga dengan menggunakan grafik sebagai media utamanya
Dasar Pemikiran Analisis Teknikal
1. Market Price Discounts Everything
Dalam prinsip ini pengguna analisis percaya bahwa ”semua peristiwa bisa berpengaruh terhadap terhadap harga saham”. contohnya : faktor fundamental, ekonomi, politik, sosial dan keamanan.
2. Price Moves In Trend
Prinsip ini mengatakan bahwa ”harga akan tetap bergerak dalam suatu trend.”
3. History Repeats It Self
Prinsip ini mengatakan bahwa ”data historis dapat digunakan untuk memprediksi harga saham di masa mendatang.”

0 comments:

Posting Komentar