Sabtu, 10 Oktober 2009

kLasifikasi Analisis Teknikal

Klasifikasi Analisis teknikal
Analisis teknikal dapat dibagi menjadi 2 kategori yaitu analisis teknikal klasik dan analisis teknikal modern.

1. Analisis Teknikal Klasik
Pengguna analisis ini disebut chartist. Penggunanya percaya bahwa trend dan sinyal transaksi suatu saham dapat diperoleh berdasarkan bentuk dan pola tertentu dari grafik saham. Dasar pengambilan keputusan dalam penggunaan analisis teknikal klasik ini biasanya ditentukan oleh judgment dan interpretasi penggunanya terhadap suatu grafik (subjektif).
Dalam analisis teknikal klasik yang perlu diperhatikan dan dipelajari yaitu mengenai pola-pola grafik, dimana pergerakan harga saham diidentifikasi dengan pola-pola grafik tertentu. Pola grafik tersebut terbagi menjadi dua yaitu reversal pattern (pembalikan) dan continuation pattern (lanjutan).

2 Analisis Teknikal Modern
Pengguna analisis ini disebut technician. Penggunanya percaya bahwa trend dan sinyal transaksi suatu saham dapat diperoleh berdasarkan pola grafik yang ditentukan karena perhitungan kuantitatif bukan bukan imajenasi subyektif terhadap suatu grafik dan diprogram secara otomatis melalui komputer.
Macam-macam indicator dalam analisis teknikal modern :
• Trend Following Indicators
Trend Following Indikator terkadang disebut juga dengan lagging indicator. Lagging indicator adalah suatu indikator atau metode analisis dalam metastock yang terlambat dalam memberikan sinyal beli dan sinyal jual. Contohnya Moving Average Divergence Convergence (MACD), Moving Average, Directional Movement System, Accumulation/ Ditribution, On Balance Volume, dan lain-lain.
• Oscillator Indicator
Indicator yang mengindentifikasikan titik-titik balik yang dapat terjadi pada suatu saham. Indikator ini merupakan leading indicator. Leading indicator adalah suatu indikator atau metode analisis yang terdapat dalam metastock yang memberikan sinyal jual dan sinyal beli sebelum terjadi kenaikan dan penurunan harga. Indikator ini dikembangkan oleh George C. Lane pada akhir 1950-an. Contohnya Stochastic Oscillator, Williams %R, Rate of Change dan lain-lain.
• Miscellanus Indicator
Indikator yang memberikan indikasi-indikasi khusus mengenai psikologi massa, misalnya Advance/Decline Index, Bullish Consensus, New Low Index.

0 comments:

Posting Komentar